Temui PP Muhammadiyah, Wakapolri bahas masjid

PP Muhammadiyah pun mengajak masyarakat untuk tidak menjadikan masjid sebagai pusat politik praktis dan politisasi.

Wakapolri Syafrudiin bertemu dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir./(Mumpuni, Alinea)

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir bertemu dengan Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Komjen Pol Syafruddin Kamis, (5/7) di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah. Pertemuan membahas tentang kondisi bangsa menjelang tahun politik. 

Haedar menjelaskan bersama dengan Komjen Pol Syafruddin membahas tentang kemaslahatan umat dan persoalan kebangsaan untuk kemajuan Indonesia. Diskusi juga membahas terkait seringnya masjid menjadi sarana politik apalagi menjelang tahun politik saat ini. 

PP Muhammadiyah pun mengajak masyarakat untuk tidak menjadikan masjid sebagai pusat politik praktis dan politisasi. Meski masjid merupakan tempat yang diperuntukan bagi masyarakat luas, namun pada tahun politik ini tidak seharusnya masjid digunakan sebagai sarana kepentingan politik.

“Biarpun masjid itu wahana semua orang dengan keragamannya tapi ketika menyangkut politik praktis kan pilihan politik kategoris. Ada ajakan untuk tidak pilih ini dan pilih itu," kata Haedar. 

Makanya, Haedar mengimbau agar masjid tidak dijadikan tempat politisasi kepentingan politik. Sebaliknya, masjid harus menjadi pusat pencerdasan pendewasaan dan pendidikan politik yang mencerdaskan moral. Bagian ini kata Haedar, paling penting bagi masyarakat agar lebih sadar politik dan punya keadaban politik.