Tentara Meksiko gerebek laboratorium terbesar, sita 630 ribu pil narkoba

Dalam penggerebekan yang dilakukan pada Selasa itu, pasukan menemukan hampir 630.000 pil.

Tentara Meksiko menggerebek laboratorium obat terbesar, sita 630 ribu pil narkoba. Foto Los Angeles Times

Tentara Meksiko menyita lebih dari setengah juta pil fentanil dalam penggerebekan yang oleh tentara disebut sebagai laboratorium obat sintetis terbesar yang ditemukan di negara itu.

Pihak keamanan mengatakan bahwa laboratorium luar ruangan ditemukan di Culiacan, ibu kota negara bagian utara Sinaloa. Sinaloa adalah rumah bagi kartel narkoba dengan nama yang sama.

Dalam penggerebekan yang dilakukan pada Selasa itu, pasukan menemukan hampir 630.000 pil yang tampaknya mengandung fentanil opioid sintetik. Mereka juga melaporkan menyita 282 pon bubuk fentanil dan sekitar 220 pon yang diduga methamphetamines.

“Ini adalah laboratorium produksi obat sintetis berkapasitas tertinggi yang tercatat selama pemerintahan ini,” kata tentara dalam sebuah pernyataan.

Kartel narkoba Meksiko memproduksi opioid dari bahan kimia prekursor yang dikirim dari China dan kemudian menekannya menjadi pil yang dipalsukan agar terlihat seperti Xanax, Percocet, atau Oxycodone. Orang sering meminum pil tanpa mengetahui bahwa pil tersebut mengandung fentanil dan dapat mengalami overdosis yang mematikan.