Terkait ancaman Omicron, Politisi PKS: Siapkan skenario terburuk!

Selain obat-obatan, pasokan vitamin, oksigen, maupun sarana isolasi terpusat juga perlu disiapkan.

Kurniasih Mufidayati. Foto Dok Fraksi PKS

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati meminta pemerintah perlu belajar dari kasus Covid-19 varian Delta pada gelombang kedua yang sudah dilewati. Dengan pengalaman tersebut, kata dia, seharusnya ada perbaikan yang signifikan sebagai bagian kesiapan menghadapi Omicron yang jumlah kasusnya sudah mencapai 572 per 12 Januari.

"Jadi kami minta agar semua kesiapan dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi gelombang ketiga dengan varian Omicron ini," kata Kurniasih kepada wartawan, Jumat (14/1).

Kurniasih juga meminta pemerintah gencar melakukan sosialisasi tentang varian Omicron kepada masyarakat. Ia khawatir masyarakat hanya menyimpulkan gejala Omicron lebih ringan sehingga kehilangan kewaspadaan.

"Dari ratusan kasus Omicron saat ini, ada dua yang kategori sedang hingga butuh bantuan oksigen. Meski disebut lebih ringan, tapi tetap saja itu gejala yang memerlukan perawatan," ujar politikus PKS ini.

Misalnya, sambung Kurniasih, pemerintah memutuskan perawatan di rumah. Ia meminta ada dukungan dan kesiapan obat-obatan dan telemedicine yang jauh lebih memadai dan sigap.