Tingkatkan literasi, DIY luncurkan aplikasi Si Yokca

Perilisan aplikasi juga bertujuan menggenjot jumlah anggota perpustakaan.

Sekretaris DIY, Baskara Aji, saat peresmian aplikasi Si Yokca pada Rabu (22/9/2021). Tangkapan layar kanal YouTube Balai Yanpus DPAD DIY/Alinea.id/Siti Nurjanah

Balai Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPAD DIY) meluncurkan aplikasi mobil Si Yokca pada Rabu (22/9) guna meningkatkan minat baca masyarakat. Tujuan lainnya, menggenjot keanggotaan perpustakaan.

Kata "Yokca" merupakan singkatan dari "Ayo, Baca!", yang dalam bahasa Jawa berarti "Ayok, Maca!" dan juga bisa berupa ajakan "Yok, Cah!" alias mengajak generasi muda untuk membaca. Kata Yokca juga dekat dengan pengucapan Yogya.

"Aplikasi Si Yokca ini dibuat karena adanya sebuah kebutuhan dan bahwasanya tujuan dari Balai Layanan Perpustakaan, salah satunya adalah peningkatan keanggotaan," ujar Kepala DPAD DIY, Monica Nur Lastiyani, dalam sambutannya saat peluncuran.

Menurutnya, masyarakat sulit beraktivitas di luar rumah saat pandemi. Karenanya, Si Yokca dirilis guna mengatasi kendala para pemustaka untuk datang dan mencari buku di perpustakaan.

"Si Yokca ini salah satu fiturnya adalah pendaftaran anggota secara online," ucapnya. Dengan begitu, masyarakat akan lebih mudah melihat, mencari, dan meminjam buku dari perpustakaan di mana pun.