Unjuk rasa BEM SI, ini 9 tuntutan untuk pemerintahan Jokowi

Sembilan poin tersebut ingin disampaikan aliansi mahasiswa kepada pemerintah, khususnya Presiden Jokowi.

Sejumlah mahasiswa berunjuk rasa di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Massa pengunjuk rasa menuntut Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perppu terkait Undang-undang KPK. Antara Foto

Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Muhammad Nurdiansyah, menyampaikan tuntutan dalam aksi unjuk rasa yang digelar hari ini, Senin (21/10). Bertajuk Indonesia-nya Rakyat, ada Sembilan tuntutan yang diminta mahasiswa kepada Presiden Joko Widodo. 

Poin pertama perihal ekonomi dan ketenagakerjaan. Sikap BEM SI adalah lawan segala mafia dan kartel ekonomi, serta wujudkan ekonomi kerakyatan dengan mengutamakan kesejahteraan buruh, desa dan penguatan BUMN.

Kedua soal hukum dan hak asasi manusia (HAM). Terkai itu, BEM SI meminta pengusutan pelanggaran HAM masa lalu, menolak pelemahan pemberantasan korupsi dan tolak keterlibatan pelanggar HAM dalam pemerintahan. 

Ketiga berkenaan dengan isu pendidikan. Pemerintah diminta melakukan reformasi pendidikan guna membentuk pendidikan yang murah, mudah diakses, demokratis, dan menolak segala liberalisasi serta komersialisasi pendidikan.

Keempat, aspek agraria dengan melakukan reforma agraria dengan orientasi kesejahteraan petani keterlibatan masyarakat adat dan menolak segala jenis perampasan lahan. Kelima, masalah maritime. Mahasiswa meminta pemerintah membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia dengan kedaulatan di bidang sumber daya laut dan kesejahteraan nelayan.