Vaksinasi gotong royong percepat wujudkan kekebalan kelompok

Untuk mencapai kekebalan kelompok, pemerintah menargetkan 181,5 juta penduduk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Ilustrasi. Pixabay

Keberadaan vaksin Covid-19 menjadi harapan terbesar untuk melewati masa pandemi. Indonesia telah memasuki babak vaksinasi sejak medio Januari lalu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi yang pertama disuntik vaksin Covid-19. 

Untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity, pemerintah menargetkan 181,5 juta penduduk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Untuk memenuhi target dengan jumlah tersebut, maka dibutuhkan peran aktif dari semua pihak. Pemerintah dan jajarannya semua level, masyarakat, hingga swasta harus menjaga dan menjalankan perannya masing-masing dalam mendukung serta mempercepat proses vaksinasi Covid-19 sebagai upaya mencapai herd immunity

Munculnya, wacana vaksin gotong royong merupakan inisiatif dari kalangan pengusaha dengan tujuan mempercepat pelaksanaan program vaksinasi Covid-19.

Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, dr. Syahrizal Syarif mengungkapkan, wajar saja jika pada situasi seperti ini masyarakat ingin secepat-cepatnya divaksin.