Warga Kabupaten Serang belum dapat bantuan Covid-19

Maiyah mengaku belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.

Warga penerima manfaat zakat dari lembaga Baitul Mal Kota Banda Aceh menghitung dan memperlihatkan uang yang baru diterima di Desa Cot Masjid, Banda Aceh, Aceh, Senin (20/4). Foto Antara/Irwansyah Putra/hp.

Satu keluarga miskin di Kabupaten Serang, Banten tidak tersentuh bantuan. Meskipun, pemerintah telah menganggarkan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) terhadap masyarakat terdampak pandemi Covid-19. 

Namun, keluarga Maiyah (30) dan Herman Felani (35), yang memiliki putri Noviyanti (11), dalam kondisi lumpuh sejak usia 4 bulan tidak mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.

Maiyah bercerita, suaminya bekerja sebagai petugas keamanan di daerah Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten. Gajinya, hanya Rp3 juta perbulan yang digunakan untuk memenuhi kehidupan keluarganya. 

Saat pandemi Covid-19, keluarga tersebut mengaku, belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang maupun Pemprov Banten.

"Enggak ada bantuan dari pemerintah, ada geh (juga) tahun 2012, dapet bantuan Rp2 juta. Katanya, setahun satu kali, cuma sekali itu dapat bantuannya. Belum ada yang ngasih bantuan, PKH, Jamsosratu, enggak ada bantuan, baru ini dapat bantuan," kata Maiyah, ditemui di rumahnya, Sabtu (9/5).