Youtuber Ferdian Paleka dinilai tidak memiliki empati

Aminah meminta, para youtuber membangun konten kreatif dengan mengedepankan kemanusiaan, perdamaian, dan penghapusan kekerasan.

Foto, Ferdian Paleka dari instagram, ferdianpalekaaa

Youtuber Ferdian Paleka dinilai sudah melakukan kekerasan psikis sekaligus diskriminasi terhadap transpuan. Transpuan merupakan seseorang yang terlahir dengan alat reproduksi pria, tetapi ia mengidentifikasi dirinya sebagai perempuan.

Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah Tardi mengatakan, transpuan masih mengalami berbagai diskriminasi, persekusi hingga kekerasan yang membatasi ruang-ruang hidupnya. Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19 semakin mempersempit ruang hidupnya.

"Kondisi tersebut, menyebabkan ruang hidup untuk berkembang mencapai kehidupan yang layak menjadi sangat menjadi sempit, sehingga mengalami pemiskinan yang pada akhirnya berujung dengan kehidupan jalanan," ujar Siti, dalam keterangan tertulis, Rabu (6/5).

Dia mengingatkan agar seluruh pihak menghormati, memenuhi hak asasi manusia (HAM), dan memberikan perlindungan yang setara terhadap transpuan. Aminah mengimbau para Youtuber agar membangun konten kreatif dengan mengedepankan kemanusiaan, perdamaian, dan kontribusi terhadap penghapusan kekerasan.

Menurut Siti, transpuan adalah kelompok paling rentan menerima perlakukan kekerasan dan diskriminasi. Pasalnya, masyarakat lebih mudah mengindentifikasi kelompok mereka dari ekspresi gender dan orientasi seksual yang rawan dilegitimasi dengan ajaran agama menurut tafsirnya.