Berharap angin segar untuk Inter Milan usai Erick Thohir turun

Pemuda 26 tahun asal China Steven Zhang resmi menggantikan Erick Thohir sebagai presiden klub il Nerazzurri itu.

Presiden klub Inter MIlan yang baru, Steven Zhang./ Reuters

Inter Milan menetapkan Steven Zhang, pengusaha asal China berusia 26 tahun, sebagai presiden baru klub Italia itu. Zhang menjadi presiden ke-21 dalam sejarah 110 klub yang melambungkan nama Pirlo dan Ibrahimovic. Ia menggantikan Erick Thohir dari Indonesia yang sebelumnya menjabat selama lima tahun.

Pria bernama asli Zhang Kangyang itu merupakan anak Zhang Jindong, pimpinan kelompok usaha retail elektronik Suning Holding Group, yang membeli mayoritas saham klub itu pada 2016. Pembelian saham ini membuat Erick Thohir kini menjadi pemilik saham minoritas, senilai 31%. Sementara mantan pemilik Inter Milan sebelumnya Massimo Moratti kehilangan nyaris seluruh sahamnya. 

Suning sendiri, dikutip La Gazzetta dello Sport, merupakan raksasa komersial terbesar kedua dari 500 perusahaan swasta terbaik di Tiongkok. Perusahaan yang punya 1.600 toko elektronik itu membukukan pendapatan tahunan sebesar 557.875 milyar RMB (sekitar 69 miliar Euro setara 1200 triliun rupiah).

Steven Zhang sudah duduk di dewan direksi klub dalam dua tahun terakhir, dan efektif telah bertanggung jawab dalam kegiatan harian klub. Sehingga, saat ditunjuk jadi nahkoda tim yang baru, ia merasa tersanjung.

"Saya sangat bangga hari ini terpilih untuk memandu klub ini menuju era baru," kata Zhang.

Lulusan Universitas Wharton itu berkomitmen untuk fokus pada performa Inter. "Kami memastikan tim (bisa) mendapat semua dukungan yang diperlukan untuk berkompetisi dan sukses di level tertinggi, baik di level domestik maupun internasional," kata Zhang.