Desain jersey timnas Jerman juga dipermasalahkan

Meskipun tim Jerman kemungkinan tidak akan menurunkan nomor 44 untuk pemain, para penggemar dapat menyesuaikan jersey yang mereka pesan,

Foto: Ist

Masalah desain jersey juga tidak hanya menjadi isu di Indonesia. Sepakbola Jerman ternyata sedang menghadapi persoalan desain di jersey timnasnya. 

Namun, masalah yang mencuat di Negeri Der Panzer ini, bukan lantaran desainya yang dinilai jelek. Persoalannya ada pada masalah politik. Mereka mengkhawatirkan ada kemiripan jersey mereka dengan simbol Nazi, pada bagian nomor punggungnya. 

Desain angka "4" pada kaus yang dijual secara online oleh Asosiasi Sepak Bola Jerman telah mendorong beberapa orang untuk berpikir bahwa itu tampak seperti sambaran petir pada bendera Schutzstaffel, pengawal paramiliter di bawah Adolf Hitler.

Dikenal secara luas sebagai SS, unit ini bertanggung jawab atas banyak kejahatan perang dan kekejaman yang dilakukan oleh Nazi Jerman pada Perang Dunia II.

Sebagian besar perhatian terhadap kaus tersebut muncul setelah hari Sabtu, ketika Michael König, seorang sejarawan di Jerman, menulis di X bahwa "dipertanyakan" jika desain tersebut diizinkan dalam acara olahraga resmi.