Erick Thohir sebut Jokowi bakal perbolehkan APBD untuk Liga 3

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia dari level tersebut.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir hadir bersama Wakil Ketua Umum Zainudin Amali serta Ratu Tisha, anggota komite eksekutif, dan Sekjen Yunus Nusi di Hotel Sultan, Jakarta Selasa (15/8/2023). Foto: PSSI

Erick Thohir menyampaikan pesan Presiden Jokowi seusai pertemuan di Istana Bogor,  yang meminta adanya revisi aturan mengenai dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang bisa digunakan untuk Liga 3. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia dari level tersebut.

"Alhamdulillah, Bapak Presiden mendorong pertama adalah meminta Pak Mendagri untuk merevisi aturan dana APBD agar bisa dipakai untuk Liga 3," kata Erick Thohir.

Erick Thohir juga menyebut, Presiden Jokowi juga meminta Kementerian Keuangan dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, untuk mengalokasikan dana khusus mulai tahun depan. Dana itu akan digunakan untuk perbaikan lapangan di desa-desa.

"Bapak Presiden juga duduk bersama antara Kementerian Keuangan dan Desa untuk juga ada alokasi dana untuk tahun depan bagaimana bisa dimudahkan untuk akses perbaikan lapangan sepak bola di desa-desa," ucap Erick Thohir.

Adapun poin ketiga adalah Presiden ingin beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bisa dimulai dari usia 14 tahun. Nantinya, itu bisa digunakan para atlet sepak bola.