FIFA selidiki tindakan provokasi ofisial tim Jerman

Dua anggota tim ofisial Jerman mendatangi bangku pemain cadangan Swedia sambil mengepalkan tangannya.

Timnas Jerman berhasil mengalahkan Timnas Swedia dengan skor 2-1 pada pertandingan lanjutan Piala Dunia 2018.

FIFA membuka proses penyelidikan terhadap dua ofisial tim Jerman yang mendekati bangku pemain cadangan tim Swedia untuk dan melakukan tindakan provokatif. Dua ofisial tersebut melakukannya setelah sang juara bertahan Piala Dunia meraih kemenangan di Grup F pada Sabtu (23/6).

Petugas media tim Ulrich Voigt dan  pegawai Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) yang mengurusi timnas, Georg Behlau, mendatangi bangku pemain cadangan Swedia sambil mengepalkan tangannya, ketika Toni Kroos mencetak gol penentu kemenangan 2-1 Jerman menjelang laga usai.

Staf pelatih Swedia dan sejumlah pemain pengganti menanggapi dengan serius dan berdiri. Kemudian berkonrontasi dengan mereka dan mendorong mereka untuk kembali ke area tekniknya. Insiden itu hampir mengarah ke bentrok fisik yang lebih luas setelah para ofisial Swedia mendorong Behlau untuk menjauh.

"Komite Disiplin FIFA telah membuka penyelidikan disiplin terhadap ofisial Jerman Ulrich Voigt dan Georg Behlau untuk insiden-insiden pada akhir pertandingan Jerman melawan Swedia," kata FIFA dalam pernyataannya pada Minggu (24/5).

Insiden itu tertangkap kamera dan dengan cepat menjadi viral, sambil juga mempromosikan reaksi marah dari pelatih dan para pemain Swedia. Pemain Swedia Emil Forsberg menyebut tindakan kubu Jerman itu "menjijikkan." Pelatih Jerman Joachim Loew mengatakan dirinya tidak menyadari insiden itu.