Jelang Irak vs Indonesia: Tiga celah menyelinap pertahanan Irak

Siapa kiper Irak menghadapi Indonesia di laga pembuka Grup F pada 16 November 2023 nanti?

Foto: AFC

Sebulan terakhir Irak memanaskan mesin kesebelasannya menuju Pra-Piala Dunia 2026. Mereka telah menyegel tempat sebagai unggulan Grup F pada kualifikasi ronde kedua zona AFC. Singa Mesopotamia akan berjumpa tiga tim Asia Tenggara: Vietnam, Filipina, dan Indonesia.

Asuhan Jesús Casas, pelatih asal Spanyol, hanya memainkan dua laga persahabatan sepanjang tahun ini. Selebihnya mereka mengikuti Piala Teluk Arab 2023 dan dua turnamen pemanasan: King's Cup dan Jordan International Tournament.

Lima pertandingan Irak pada Januari tanpa terkalahkan di Piala Teluk menghasilkan gelar juara sebagai tuan rumah. Menyusul kemudian dua kekalahan uji coba lawan Rusia 0-2 dan Kolombia 0-1 di bulan Maret dan Juni. Berlanjut September, menjuarai King's Cup di Thailand. Ditutup menjadi peringkat ketiga Jordan International Tournament pada medio Oktober.

Tanpa menghitung hasil adu penalti, empat partai terakhir mereka keluar dengan skor imbang. Semuanya tim Asia masing-masing India 2-2, Thailand 2-2, Qatar 0-0, dan Yordania 2-2.

Banyak eksperimen dibuat Coach Casas untuk lini tengah dan belakang. Kentara dia lebih menghendaki stabilitas timnya bakal menghadapi tiga tim pelari cepat ASEAN di Pra-Piala Dunia 2026.