Jokowi dan Presiden FIFA sepakat transformasi sepakbola Indonesia

Pemerintah dan FIFA sepakat untuk menjadikan tragedi Kanjuruhan sebagai pembelajaran penting.

Presiden Republik Indonesia,Joko Widodo bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (18/10/2022) siang hari WIB. Foto YouTube Sekretariat Presiden

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (18/10) siang hari WIB.

Jokowi mengatakan, pertemuan dengan Presiden FIFA melahirkan beberapa kesepakatan terkait tindak lanjut tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober. Di mana, pemerintah dan FIFA sepakat untuk menjadikan tragedi Kanjuruhan sebagai pembelajaran penting untuk persepakbolaan Indonesia dan dunia. Kedua belah pihak tidak ingin tragedi seperti ini terulang kembali.

“Kami bersepakat bahwa tragedi ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi persepakbolaan Indonesia dan juga bagi dunia sepakbola,” ujar Jokowi dalam keterangannya yang dipantau online.

“Jangan sampai kejadian ini terulang kembali. Jangan sampai kegembiaraan penonton saat menyaksikan pertandingan berujung pada duka dan malapetaka,” kata dia lagi.

Pemerintah dan FIFA juga sepakat untuk melakukan transformasi sepakbola Indonesia secara menyeluruh dengan mengikuti standar yang ditetapkan oleh FIFA seperti mengkaji kembali kelayakan stadion.