Kroasia sadar Brasil lebih favorit, Modric: Favorit juga bisa kalah

"Tentu saja Brasil menjadi favorit," kata Modrić kepada wartawan pada konferensi pers di Qatar menjelang pertandingan. "

Luka Modric beraksi untuk Kroasia melawan Finlandia di kualifikasi Piala Dunia. Foto AFP via Getty Images

Kapten kawakan Kroasia Luka Modrić tahu betul bahwa Brasil adalah favorit – dengan marjin kekalahan 7-1, menurut peluang terbaru. Mereka menatap perempat final, Jumat (9/12), di Piala Dunia 2022.

Itu bukan soal bagi Modrić. "Tentu saja Brasil menjadi favorit," kata Modrić kepada wartawan pada konferensi pers di Qatar menjelang pertandingan. "Favorit juga bisa kalah."

Peran underdog sangat cocok untuk Kroasia. Itu salah satu yang mereka pahami juga. Negara berpenduduk di bawah empat juta jiwa secara mengejutkan mencapai final Piala Dunia terakhir, kalah dari Prancis 4-2. Hanya tiga peserta di turnamen ini — Uruguay, Wales, dan tuan rumah Qatar — yang memiliki populasi lebih kecil. Semuanya tersingkir di babak awal.

Namun, Kroasia berada di antara delapan besar yang bertahan untuk Piala Dunia keduanya berturut-turut setelah mengalahkan Jepang melalui adu penalti pada Senin di babak 16 besar. Mereka melakukannya dengan susunan pemain yang hampir seluruhnya berbeda; 18 dari 26 orang dalam daftar pelatih Zlatko Dalić tidak masuk tim empat tahun lalu.

Tapi mengalahkan Jepang merupakan satu hal. Menyingkirkan Brasil adalah hal lain. "Saya percaya bahwa pertandingan di depan kami akan menjadi yang paling sulit," kata Dalic, Kamis. "Saya bisa membandingkannya dengan final [2018] melawan Prancis. Saya berharap itu datang lebih lambat."