Laga Taishan vs Marinos: Antara buah pir dan bank

Selain kemenangan yang meningkatkan moral, Taishan juga sedang tampil bagus di depan gawang. 

Taishan, kiri, akan berhadapan Marinos di perempat final Liga Champions AFC. Foto AFC

Dari sepak bola bisa saja terjalin keterkaitan antara sejenis buah-buahan dan usaha perbankan. Diketahui, Shandong populer di rak swalayan Indonesia sebagai buah pir impor yang lezat dari Negeri China. Tapi di kancah Asia, mereka lebih terkenal sebagai klub sepak bola mapan. Bukan buah pir asal Shandong, melainkan tim Shandong Taishan FC.

Liga 1 sponsoran Bank BRI nihil wakil di pentas utama Liga Champions Asia, di mana klub-klub Indonesia terus-menerus jadi pecundang. Namun, salah seorang alumninya muncul dari Shandong Taishan FC (China) di jajaran terdepan. Penyerang Matheus Pato, mantan Borneo FC Samarinda, meski sekadar pemain pelapis yang baru tampil delapan laga sejak direkrut 2023.

Slot perempat final terakhir Liga Champions AFC 2023-2024 menjadi pertandingan ulangan. Shandong kembali berhadapan Yokohama F. Marinos (Jepang). Kedua tim sudah berlaga di fase Grup G. Hasilnya, Taishan Dui runtuh dua kali 0-1 dan 0-3 dari Marinos.

Dalam gelanggang kali ini, Taishan tetap bermain di Jinan Olympic Sports Center Stadium, Jinan, di mana mereka kalah tipis 0-1 pada 3 Oktober 2023. Keajaiban setipis kulit ari bisa mengantarkan tuan rumah membuat kejutan besar atas raksasa Negeri Sakura.

Hasil leg kedua kelak mustahil meringankan bagi wakil Negeri Tirai Bambu karena Yokohama International Stadium, Yokohama, sudah mengubur banyak klub Asia lainnya. Jadi laga leg pertama niscaya menentukan sejauh mana Taishan menggantungkan asa.