Indosiar tegaskan LIB pegang keputusan final jadwal pertandingan Liga 1

Indosiar menegaskan, jadwal pertandingan sepak bola dalam satu tahun.

Direktur Programming Indosiar Harsiwi Achmad di kantor Komnas HAM, Kamis (13/10). Alinea.id/Gempita Surya.

Komnas HAM meminta keterangan dari pihak stasiun televisi Indosiar selaku penyelenggara siaran pertandingan Liga 1 antara Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu (1/10) malam.

Direktur Programming Indosiar Harsiwi Achmad mengatakan, pihaknya menyampaikan keterangan kepada Komnas HAM terkait jadwal pertandingan dan penalti terhadap pelaksanaan laga. Ditegaskan Harsiwi, kewenangan final untuk menentukan jadwal pertandingan sepak bola berada di tangan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sebagai operator Liga 1.

"Jadwal pertandingan, itu otoritas final ada di LIB, karena LIB adalah sebagai operator Liga 1, satu-satunya operator Liga 1 di Indonesia. Yang kemudian mereka akan mengkomunikasikan ke broadcaster, kemudian pasti akan terjadi diskusi dan kemudian akan ada solusi-solusinya," kata Harsiwi dalam keterangannya di Kantor Komnas HAM, Kamis (13/10).

Harsiwi menuturkan, jadwal pertandingan sepak bola dalam satu tahun telah ditentukan dalam draft yang disusun oleh PT LIB dan dibagikan kepada pihak penyelenggara siaran. Jadwal tersebut lantas didiskusikan dan disepakati dengan pertimbangan berbagai aspek, serta tidak menutup kemungkinan ada perubahan dalam pelaksanaannya.

"Dalam perjalanannya akan ada dinamika, akan ada perubahan-perubahan, yang kemudian perubahan itu oleh LIB akan dikonsultasikan kepada stasiun, dan setelah itu akan kita carikan solusi-solusi yg terbaik. Dan setelah itu, nanti tv akan menentukan apakah itu nanti akan ditayangkan atau tidak ditayangkan," ujar Harsiwi.