Piala Dunia 2022, FIFA tolak desain jersey Denmark

Jersey timnas Denmark pada Piala Dunia 2022 dirancang hummel.

Salah satu seragam (jersey) timnas Denmark pada Piala Dunia 2022 yang ditolak FIFA karena dianggap mengandung unsur politik. Twitter/@PlanoDeportivo

Timnas Denmark mengkritik pelaksanaan Piala Dunia 2022 di Qatar melalui seragam (jersey) polos yang akan digunakannya dalam pertandingan nanti. Desain sederhana dipilih sebagai bentuk atas banyaknya pekerja migran yang meninggal dunia saat pembangunan stadion.

Namun, melansir BBC, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menolaknya. Dalihnya, ada pesan politik di balik atribut tersebut.

Sementara itu, Federasi Sepak Bola Denmark (DBU) membantah adanya pesan politik di balik desain seragam Piala Dunia 2022. Pihaknya hanya mengusung semangat hak asasi manusia (HAM).

"Bagi saya, ini adalah jersey dengan pesan yang sangat sederhana tentang hak asasi manusia universal," kata Direktur DBU, Jakob Jensen, kepada media Denmark, Ritzau.

"Hak FIFA sebagai penyelenggara turnamen ini untuk mengatakan kami tidak bisa melakukannya. Tentu saja FIFA melakukan ini untuk mencegah segala macam hal aneh. Kami tidak berpikir itu aneh," imbuhnya.