LIB benarkan ada komunikasi dengan Kapolres Malang terkait jadwal pertandingan

Saat komunikasi dengan Kapolres Malang, LIB menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian terkait pengamanan.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, di Komnas HAM, Rabu (19/10). Alinea.id/Gempita Surya

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, memberikan penjelasan kepada Komnas HAM soal komunikasi yang dilakukan dengan Kapolres Malang AKBP, Ferli Hidayat, terkait jadwal pertandingan Arema vs Persebaya. Hal itu disampaikan Sudjarno dalam agenda permintaan keterangan oleh Komnas HAM terhadap pihaknya yang berlangsung hari ini (19/10).

"Sudah kami sampaikan ke Komnas HAM, sudah kami jelaskan secara lengkap," kata Sudjarno kepada wartawan usai merampungkan permintaan keterangan di Kantor Komnas HAM, Rabu (19/10).

Berdasarkan laporan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang mengadakan komunikasi via telepon dengan Direktur Operasional PT LIB pada 19-20 September 2022. Dalam komunikasi tersebut, dikatakan bahwa laga tetap harus dilaksanakan pada malam hari karena tidak dicapai titik temu terkait kesepakatan antara pihak broadcaster (Indosiar) dengan PT LIB.

Adapun dalam penjelasannya kepada Komnas HAM, Sudjarno membenarkan ia melakukan komunikasi via telepon kepada Kapolres Malang.

"Dijelaskan secara lengkap bahwa kami hadir silaturahmi, kemudian juga bagaimana saya nelpon. Bahkan saya bercanda dengan Pak Kapolres pada saat itu. Katakanlah, semua kami serahkan pada Pak Kapolres, mudah-mudahan ada keputusan yang terbaik. Itu intinya yang kami jelaskan," ujar dia.