Pundit sepak bola mencurigai sesuatu setelah VAR membuat gol Jepang disahkan

Hasil itu berarti juara empat kali Jerman secara sensasional tersingkir di babak penyisihan grup untuk turnamen kedua berturut-turut.

Kaoru Mitoma dari Jepang beraksi sebelum Ao Tanaka mencetak gol kedua. Foto Reuters

Pundit yang bersiaran di jejaring televisi komersial ITV, Graeme Souness, berpendapat bahwa "ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi" setelah pemenang kontroversial Jepang melawan Spanyol dalam pertandingan Grup E membuat Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Bola tampaknya telah melewati garis sebelum Kaoru Mitoma mampu memotong umpan Ao Tanaka untuk mencetak gol dari jarak dekat. Wasit awalnya menganggap demikian sebelum VAR membatalkan, mengambil waktu beberapa menit untuk memastikan bola tidak keluar, yang membuat bingung Souness dan mitra pundit ITV-nya, Gary Neville.

Souness berkata: "Ada 80 juta orang Jerman yang gila saat ini, menunggu gambar yang menunjukkan bahwa bola tidak keluar dari permainan."

"Setiap studio TV, setiap pakar, setiap orang yang tertarik akan ingin melihat gambar itu. Mengapa FIFA tidak menunjukkan kepada kita sesuatu yang sangat kontroversial dan merugikan Jerman? Mengapa mereka tidak menunjukkannya kepada kita?" cecar Souness.

"Kita hampir satu jam sejak insiden itu. Semakin lama mereka tidak menghasilkan gambar yang menunjukkan secara meyakinkan bahwa itu tidak keluar lapangan, Anda akan berpikir bahwa ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi," sambungnya.