Rapat Exco PSSI, Erick Thohir putuskan bentuk Komite Ad hoc Suporter

Selain itu, rapat juga memutuskan pembentukan Komite Ad hoc Infrastruktur dan Badan Tim Nasional (BTN).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dalam rapat Exco di Jakarta, Sabtu (18/2/2023), memutuskan membentuk Komite Ad hoc Suporter. Dokumentasi PSSI

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menerbitkan beberapa keputusan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) di Jakarta, pada Sabtu (18/2). Misalnya, adalah membentuk Komite Ad hoc Suporter.

"Kami membahas internasional friendy match yang sedang berlangsung, peristiwa suporter di Semarang. Untuk itu, PSSI memutuskan membentuk Komite Ad hoc untuk suporter," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Sebagai informasi, terjadi kericuhan antara suporter dengan aparat kepolisian di depan Stadion Jatidiri, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Jumat (17/2). Insiden ini berawal dari upaya suporter masuk ke dalam stadion untuk menyaksikan laga PSIS Semarang kontra Persis Solo, padahal diputuskan pertandingan berlangsung tanpa penonton.

Lantaran eskalasi meluas, aparat kepolisian menembakkan gas air mata ke arah suporter. Padahal, penggunaan gas air mata dalam pengamanan pertandingan olahraga mengakibatkan sebanyak 135 orang, mayoritas suporter, meninggal dunia kala Arema FC versus Persib Surabaya di Stadion Kanjuruhan, awal Oktober 2022.

Erick berdalih, pembentukan Komite Ad hoc Suporter guna menjalankan transformasi sepak bola. Baginya, perubahan tersebut juga mesti melibatkan pendukung tim serta diperkenankan dalam Statuta FIFA dan Status PSSI.