Sekjen PSSI: Liga 1 dihentikan sementara selama satu pekan

PSSI telah berkoordinasi dengan FIFA terkait tragedi kericuhan yang menewaskan ratusan korban jiwa ini

Suporter memasuki lapangan usai laga Arema FC kontra Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, pada Sabtu (1/10/2022). Foto AP

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan menghentikan sementara pertandingan Liga 1 selama sepekan. Langkah ini diambil usai terjadinya tragedi kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (1/10) malam dan menewaskan lebih dari 120 orang.

"Tadi dini hari, PT LIB (Liga Indonesia Baru), atas diskusi dan arahan Ketua Umum PSSI dan pengurus PSSI, telah memutuskan untuk menghentikan liga selama satu pekan ke depan," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu (2/10).

Yunus menerangkan, penghentian pertandingan Liga 1 pasca-kerusuhan akan menyesuaikan perkembangan situasi ke depan. Artinya, tidak menutup kemungkinan waktu penghentiannya bisa diperpanjang.

Selain itu, PSSI juga telah berkoordinasi dengan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) terkait kericuhan tersebut.

"Tentu ini akan menjadi atensi semua pihak dan PSSI yang sangat terkena dampak ini. Kami akan terus membangun komunikasi dengan FIFA untuk menjelaskan agar PSSI dan Indonesia tidak terdampak dengan sanksi," ujar Yunus.