Setelah kasus di Twitter, Gary Lineker akhirnya boleh tampil lagi di BBC

Lineker tidak mengudara minggu lalu karena membuat postingan di Twitter yang mengkritik Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

Gary Lineker. Foto DW

Gary Lineker akan kembali ke layar TV untuk menyajikan liputan langsung perempat final Piala FA antara Manchester City dan Burnley pada hari Sabtu.

Ini akan menandai penampilan pertama penyiar berusia 62 tahun itu di BBC sejak dia disuruh mundur dari pembawa acara Match Of The Day berturut-turut. Lineker tidak mengudara minggu lalu karena membuat postingan di Twitter yang mengkritik Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak yang mengeluarkan kebijakan baru terhadap pencari suaka di Inggris. 

Lineker mengkritik kebijakan baru pemerintah Inggris untuk menolak suaka bagi para migran yang tiba dengan perahu kecil dan mendeportasi mereka ke negara asal mereka atau yang disebut negara ketiga yang aman.

Di Twitter, Lineker membagikan video Menteri Dalam Negeri Suella Braverman berbicara tentang undang-undang tersebut dan menambahkan: "Astaga, ini sangat mengerikan".

Menanggapi pengguna lain, dia menggambarkan tindakan tersebut sebagai "kebijakan kejam yang tak terukur yang diarahkan pada orang-orang yang paling rentan" dan membandingkan kata-katanya dengan Jerman era Nazi.