Sheikh Jassim tawarkan rekor dunia Rp92 triliun untuk beli Manchester United

Tawaran Sheikh Jassim akan menjadikan MU tim olahraga termahal dalam sejarah.

Sheikh Jassim Bin Hamad J.J. Al Thani telah mengajukan tawaran untuk Manchester United. Foto Skysports

Sheikh Jassim telah membuat tawaran rekor dunia lebih dari GBP5 miliar (setara Rp92,2 triliun) untuk membeli Manchester United dengan tawaran saham mayoritas INEOS juga diajukan sebelum tenggat waktu pukul 22:00 Jumat waktu setempat.

Tawaran terakhir pemimpin Qatar Islamic Bank untuk Setan Merah dikonfirmasi beberapa menit sebelum tenggat waktu yang ditetapkan oleh keluarga Glazer yang saat ini memiliki MU pada akhir putaran ketiga penawaran. Sedangkan pesaingnya, sesama calon terdepan Sir Jim Ratcliffe, pemilik INEOS, juga mengirimkan penawarannya segera setelah itu.

Tawaran Sheikh Jassim akan menjadikan MU tim olahraga termahal dalam sejarah setidaknya £200 juta, melampaui kesepakatan £4,8 miliar yang sedang berlangsung untuk membeli klub NFL Washington Commanders, tetapi masih jauh dari penilaian klub Glazer sendiri sekitar £6 miliar.

Semua itu akan mencakup jaminan pot investasi terpisah untuk memperkuat tim Erik Ten Hag, serta mengembangkan infrastruktur di sekitar klub baik dari segi stadion Old Trafford dan tempat latihan, serta area lokal.

Tawaran yang direncanakan dana investasi Elliott untuk saham minoritas di klub belum dikonfirmasi, bersama dengan penawaran luar biasa lainnya yang dibuat di penghujung hari Jumat.