Skotlandia jaga peluang masuk final piala dunia

Kemenangan tersebut juga mendudukkan Skotlandia di posisi kedua dalam tabel skor Grup F penyisihan Eropa Piala Dunia 2021.

Penyerang tengah Skotlandia Lyndon Dykes (kiri, nomor 9) melepaskan tendangan di gawang Austria, Selasa (7/11/2020). Foto: BBC

Timnas sepak bola Skotlandia meraih kemenangan 1-0 atas timnas sepak bola Austria dalam laga penyisihan grup F Piala Dunia 2021 yang digelar di Stadion Ernst Happel, Wina, Austria pada Selasa (7/9). Kemenangan ini sekaligus menjadi peluang pertama bagi the Tartan Army untuk masuk dalam tahap final Piala Dunia FIFA sejak 1998.

Dilansir oleh Sky Sports, gol satu-satunya dalam pertandingan tersebut diciptakan oleh penyerang tengah Skotlandia Lyndon Dykes pada penalti babak pertama. Keputusan pemberian penalti tersebut datang dari wasit Georgi Kabakov setelah bek tengah Austria Martin Hinteregger dinilai telah melakukan pelanggaran.

Dalam video yang diunggah oleh kanal YouTube N4NEWS OFFICIAL, Hinteregger memperoleh kartu kuning setelah terlihat menarik baju dari penyerang tengah Skotlandia Che Adams.

Menit-menit pertama pertandingan yang dimulai pada 19:45 waktu setempat itu, didominasi oleh Austria. Penyerang tengah Austria Marko Arnautovic melemparkan serangan ke gawang Skotlandia yang berhasil ditangkis penjaga gawang Craig Gordon pada menit keenam. Pada menit kedelapan, giliran Lyndon Dykes melepaskan serangan header ke gawang Das Team yang berhasil diluputkan penjaga gawang Daniel Bachmann. Secara total, timnas Austria tercatat melakukan 17 kali percobaan membobol gawang Skotlandia. Pertandingan berakhir pada menit keempat penalti babak kedua dengan Skotlandia mengungguli sang tuan rumah.

“Para pemain kami ingin menjadi berhasil. Mereka selalu menunjukkannya setiap kali mereka berkumpul. Kami telah melewati jalan yang panjang dan menurut saya, kami dapat menjadi lebih baik. Bagi saya, kami akan menjadi lebih baik. Malam ini adalah langkah berikutnya dalam perjalanan tersebut,” komentar pelatih Skotlandia Steve Clarke seusai kemenangan tim asuhannya tersebut.