VAR, sebelum Jerman angkat koper dari Qatar

Keputusan-keputusan wasit berbasis bantuan VAR di Piala Dunia Qatar kerap memicu kontroversi.

Ilustrasi wasit dan VAR. Alinea.id/Muji Prayitno

Laga antara timnas Jepang dan Spanyol telah memasuki menit ke-51 saat gol kontroversial yang dicetak Ao Tanaka tercipta di Stadion Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (2/12) dini hari lalu. Sekitar tiga menit sebelumnya, Jepang baru saja menyamakan kedudukan lewat tendangan keras striker Jepang, Ritsu Doan. 

Kala itu, kamera televisi mengarah pada winger Jepang, Kaoru Mitoma. Di sisi kiri gawang Spanyol, Mitoma tengah memburu bola yang bergulir menuju garis pembatas lapangan.

Kaki Mitoma sukses meraih bola. Ia pun melepas umpan ke tengah kotak penalti. Ao Tanaka menyambut umpan itu dan menjebloskan bola ke gawang Spanyol. 

Samurai Biru sempat merayakan gol itu. Namun, wasit Victor Gomes memutuskan untuk mengecek keabsahan gol tersebut. Untuk sesaat, laga dihentikan. Secara kasatmata, bola yang dikejar Mitoma terlihat telah melewati garis putih. 

Gomes lantas berdiskusi dengan para asistennya di ruang kontrol video assistant referee (VAR). VAR memutuskan bola belum keluar garis. Gol Tanaka pun dianggap "legal" dan Jepang berbalik unggul 2-1. Meski mendominasi penguasaan bola hingga 83%, Spanyol tak bisa mengejar ketertinggalan.