7 parpol lolos kelengkapan administrasi pemilu, termasuk PKN

PKN diawaki para loyalis mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

Ketua Umum Pimnas PKN, I Gede Pasek Suardika (tengah), memberikan keterangan pers usai mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 di kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa (2/8/2022). Alinea.id/Marselinus Gual

Sebanyak tujuh dari 10 partai politik (parpol) yang telah mendaftar sebagai calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dinyatakan lolos tahap kelengkapan administrasi. Pendaftaran berlangsung selama dua pekan hingga 14 Agustus 2022, pukul 23.59 WIB.

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menjadi salah satu parpol yang dinyatakan lolos tahap kelengkapan administrasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Partai ini diawaki para loyalis mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, dan dipimpin I Gede Pasek Suardika.

"Dokumen pendaftaran PKN sudah lengkap," kata Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Holik, dalam konferensi di Kantor KPU, Menteng, Jakarta, pada Selasa (2/8).

PKN merupakan partai kesepuluh yang mendaftar ke KPU sejak dibuka kemarin (Senin, 1/8). Adapun keenam parpol lain yang juga dinyatakan lolos kelengkapan administrasi adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai NasDem, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sementara itu, tiga parpol lainnya dinyatakan belum lengkap dokumen pendaftaran. Perinciannya, Partai Reformasi, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), dan Partai Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai).