Cebong dan Kampret makin mantap, Jokowi unggul 16,9% dari Prabowo

Jokowi-Ma'ruf unggul 55,7%, sementara Prabowo-Sandi 38,8%.

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan saat mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3)./ Antara Foto

Survei Charta Politika yang dilakukan dalam rentang waktu 5-10 April 2019, menunjukkan para pemilih telah semakin mantap dengan pilihannya masing-masing. Baik pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin maupun Prabowo-Sandi, sudah semakin sulit untuk mengubah pilihannya pada hari pemungutan suara 17 April nanti.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, mengatakan tingkat kemantapan pilihan masyarakat sudah berada di angka 84,2%. Menurutnya, hal ini menunjukkan masyarakat sudah siap jika pencoblosan dilakukan pekan ini. 

"Jadi ada pertumbuhan tingkat kemantapan yang sama juga dari kedua pemilih. Cebong dan Kampret sama-sama makin fanatik, kira-kira begitu," kata Yunarto saat merilis hasil survei di Jakarta, Sabtu (13/4).

Menurutnya, hal ini juga menunjukkan bahwa masyarakat sudah hampir tidak mungkin mengubah pilihannya. Hanya sekitar 5-6% masyarakat yang masih bisa mengubah pilihannya di Pilpres 2019.

"Pasangan nomor satu Jokowi-Ma'ruf mendapatkan angka 55,7%, Prabowo-Sandi 38,8%. Undicided voters, pemilih yang belum menentukan pilihan, tinggal 5,5%, dengan selisih sekitar 16,9%," ucapnya.