Denny JA ungkap Gibran bisa gembosi suara Ganjar di Jawa Tengah

Jawa Tengah sangat penting. Pasalnya, populasi di Jawa Tengah besar sekali. Prosentase pemilih di Jawa Tengah sebesar 13,4% dari populasi.

Gibran Rakabuming Raka (dua dari kiri) dan Ganjar Pranowo mengikuti prosesi Kirab Pusaka Dalem Praja Mangkunegaran, Selasa (18/7/2023) malam. Foto Jatengprov.go.id

Jawa Tengah diyakini bakal menjadi battleground. Menjadi wilayah panas penentu kemenangan menjadi presiden dan wakil presiden terpilih. Jawa Tengah akan diperebutkan secara ketat sekali antara Ganjar Pranowo dengan Gibran Rakabuming Raka.

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Denny Januar Ali, mengatakan, Jawa Tengah merupakan basis PDIP, juga basis Ganjar.

"Bagaimana caranya agar Gibran bisa mengambil secara signifikan pemilih di Jawa Tengah?" kata dia dalam keterangan resminya, Senin (23/10).

Dia menyebutkan Jawa Tengah sangat penting. Pasalnya, populasi di Jawa Tengah besar sekali. Prosentase pemilih di Jawa Tengah sebesar 13,4% dari seluruh populasi di Indonesia.

Jika capres atau cawapres bisa mendapatkan dukungan di Jawa Tengah hingga 40% sampai 50%, itu berarti sudah menyumbangkan suara secara nasional, dengan persentase tambahan suara sebesar 4% sampai 6%.