Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di Papua diklaim capai 80%

Elektabilitas Jokowi di Papua dan Maluku diklaim masih tinggi.

Jokowi memberikan pengarahan dalam sebuah silaturahmi. Antara Foto

Pasangan calon presiden dan wakil presiden dari nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, diklaim mencapai 80%. Demikian diungkapkan oleh Ketua Timur Indonesia Bersatu, Andreas Papua, menanggapi hasil survei yang menyebut turunnya elektabilitas Jokowi-Ma’ruf.

“Berdasarkan hasil survei terakhir internal kami di Papua, elektabilitas Jokowi mencapai angka 80%,” kata Andreas Papua di Posko Cemara, Jakarta Pusat.

Karena itu, pihaknya tak percaya apabila Litbang Kompas yang melakukan survei baru-baru ini menyatakan paslon nomor 01, Jokowi-Ma’ruf , dinyatakan turun elektabilitasnya pada Maret 2019.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas pada Oktober 2018 persentase perolehan suara untuk pasangan nomor urut 01 sebesar 52,6%. Sementara paslon nomor urut 02 pada kurun waktu yang sama sebesar 32.7%. 

Namun, setelah lima bulan berselang atau pada Maret 2019, perolehan suara untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf mencapai 49,2%. Sedangkan suara untuk pasangan Prabowo-Sandiaga pada kurun waktu yang sama melonjak menjadi 37,4%.