Exit poll dan "ramalan dini" hasil Pilpres 2024

Di pemilu luar negeri, pasangan Ganjar-Mahfud unggul dari Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin.

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkampanye di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Februari 2024. /Foto Instagram @ganjar_pranowo

 Sebuah rekaman exit poll hasil pemungutan suara Pilpres 2024 di Australia beredar di media sosial Twitter (kini X), Sabtu (10/2). Dalam rekaman tersebut, pasangan capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). 

Hasil exit poll itu juga diunggah di www.pemilumelbourne.com. Di situs itu, Ganjar-Mahfud dominan pada pemungutan suara di Australia dengan raihan 56,7% suara, diekor pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan perolehan 32,9% suara dan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang meraup 10,4% suara. 

Tak hanya di Australia, Ganjar-Mahfud juga berjaya di sejumlah negara dan kawasan. Di Hongkong, Ganjar-Mahfud mendapatkan 54.2%, dipepet Prabowo-Gibran dengan raupan 31,6% suara, dan AMIN dengan raihan 14.2% suara. Pasangan Ganjar-Mahfud juga unggul di negara-negar Eropa selain Inggris, kawasan Amerika Selatan, Amerika Serikat, dan Timor Leste. 

Di Arab Saudi dan Timur Tengah, pasangan AMIN dominan dengan raupan 43.4% suara, diikuti pasangan Prabowo-Gibran yang memperoleh 28.9% suara. Di kawasan ini, Ganjar-Mahfud jadi yang paling bontot dengan raupan 27,7% suara. 

Juru bicara TPN Ganjar-Mahfud, Tomi Aryanto menyebut kabar kemenangan Ganjar-Mahfud di pemilu luar negeri sesuai dengan laporan yang diterima TPN. Ia menegaskan bakal terus memantau penyelenggaraan pemilu supaya tidak ada kecurangan.