Ganjar paham pentingnya pemerataan kualitas pendidikan

Hanya dengan pendidikan yang lebih baik, seorang manusia bisa meningkatkan kualitas hidup.

Bacapres Ganjar Pranowo sangat memahami pentingnya pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan. Foto: facebook.com/Ganjapranowo/photos

Bacapres Ganjar Pranowo sangat memahami pentingnya pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan. Sebab, pendidikan merupakan pondasi bagi pembangunan nasional yang berkeadilan.

Politikus PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengatakan, banyak orang bicara keadilan sosial sesuai sila ke-5 Pancasila dan pentingnya penekanan aspek keadilan sosial pada program pembangunan.

Namun, tidak jelas dan tidak kongkret menerapkan konsep keadilan sosial dalam program pembangunan. Sehinga tidak paham pula bagaimana mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

"Ganjar memahami pentingnya pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan, karena satu cara utama untuk mewujudkan keadilan sosial adalah pendidikan. Bagaimana pemerataan kesempatan rakyat untuk mengakses pendidikan (kuantitas) dan bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM," kata Andreas. 

Andreas menegaskan, hanya dengan pendidikan yang lebih baik, seorang manusia bisa meningkatkan kualitas hidupnya. Dengan demikian, semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menyejahterakan diri, keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia.