Jokowi janjikan pengangguran bakal diberi honor

Jokowi memperkanalkan 3 kartu sakti, yakni Kartu indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah.

Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) menyapa pendukung saat kampanye terbuka di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (25/3/2019). Kampanye tersebut dihadiri oleh ribuan pendukung dari berbagai parpol pengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. ANTARA FOTO

Calon persiden nomor urut 01, Joko Widodo, mengatakan bakal memberikan honor kepada pemuda-pemudi yang masih menganggur usai mengikuti pelatihan kerja yang diadakan pemerintah. Demikian dikatakan bekas Gubernur DKI Jakarta itu dalam sebuah kampanye terbuka di Kota Banyuwangi, Jawa Timur, pada Senin (25/3).

Dalam ksempatan tersebut, Jokowi memperkenalkan tiga kartu sakti andalannya, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Sembako Murah, dan Kartu Pra Kerja. Kartu yang disebut terakhir merupakan salah satu program andalan Jokowi. 

Menurut Jokowi, siswa SMA dan SMK yang sudah lulus, serta mahasiswa baik akademi maupun lulusan universitas atau perguruan tinggi perlu mempunyai Kartu Pra Kerja. Pasalnya, melalui kartu itulah nantinya akan mengantarkan para lulusan siswa dan mahasiswa tersebut masuk ke dunia industri.

“Apa Kartu Pra Kerja? Jadi kalau ada anak SMA, SMK, lulus akademi, lulus perguruan tinggi tolong cari ini. Karena ini (Kartu Pra Kerja) akan mengantarkan saudara-saudara masuk ke dunia dunia kerja, masuk ke kantor untuk dapat pekerjaan,” kata Jokowi.

Setelah memiliki Kartu Pra Kerja, Jokowi menjelaskan, mereka akan diberikan berbagai pelatihan. Itu baik pelatihan yang dilaksanakan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kementerian, balai latihan kerja pemerintah dan swasta.