KPU dan Bawaslu investigasi langsung surat suara tercoblos di Malaysia

KPU dan Bawaslu akan menginvestigasi langsung adanya surat suara tercoblos Jokowi dan Nasdem di Malaysia.

KPU dan Bawaslu akan menginvestigasi langsung adanya surat suara tercoblos Jokowi dan Nasdem di Malaysia. Alinea.id/Robi Ardianto

KPU dan Bawaslu akan menginvestigasi langsung adanya surat suara tercoblos Jokowi dan Nasdem di Malaysia.

Mochammad Afifuddin, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), mengatakan pihaknya dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menginvestigasi kebenaran surat suara dalam video viral di media sosial merupakan cetakan KPU. 

"Apakah surat suara tersebut memang surat suara yang benar-benar dicetak oleh KPU, siapa yang melakukan, dan lain-lain. Ini yang akan kami pastikan lagi dalam klarifikasi pemeriksaan investigasi atas kejadian yang terjadi," ujarnya di Media Center Bawaslu, Jakarta, Kamis (11/4).

Menurutnya, jika benar surat suara tersebut cetakan KPU, maka akan ditelusuri penyebab surat suara tersebut keluar dari KBRI. 

"Yang ingin kami investigasi dan pastikan adalah kok bisa surat suara keluar dari KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia), tidak dikirim ke alamat? Misalnya, karena potensi pemilih pos itu yang jauh-jauh biasanya agak sulit dijangkau dan berkumpul di satu titik," imbuhnya.