Kubu Prabowo-Sandi bongkar formulir C1 ada nama buah-buahan

Saksi dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membongkar adanya nama buah-buahan di dalam formulir C1 pada penghitungan suara.

Saksi dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membongkar adanya nama buah-buahan di dalam formulir C1 pada penghitungan suara. Alinea.id/Ahmad Rifwanto

Saksi dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membongkar adanya nama buah-buahan di dalam formulir C1 pada penghitungan suara.

Dua saksi yang dihadirkan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menemukan kejanggalan-kejanggalan yang terjadi dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu diungkapkan dalam lanjutan sidang perkara dugaan pelanggaran administratif Situng KPU, Rabu (8/5). Salah satu yang unik ialah ketika sempat terjadi perubahan nama pasangan calon (paslon) menjadi buah-buahan.

“Nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Jokowi-Maruf sempat menjadi Apel-Anggur. Kemudian nama Prabowo-Sandiaga berubah menjadi Sawo-Durian,” terang salah satu saksi, Hanfi Fajri di ruang sidang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta.

Diterangkannya, kejadian ini terjadi di Tepat Pemungutan Suara (TPS) 29 Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Ia mengaku meninjau perubahan nama tersebut pada Rabu, 1 Mei 2019 kemarin.