Laris-manis caleg pesohor di dapil Jabar

Melly Goeslaw , Denny Cagur, Verell Bramasta, dan sejumlah pesohor lainnya sukses memenangi kontestasi elektoral di dapil Jawa Barat.

Caleg Partai Gerindra Melly Goeslaw manggung dalam kampanye akbar Prabowo-Gibran di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Februari 2024. /Foto Instagram @melly_goeslaw

Dapil-dapil di Jawa Barat kembali meloloskan sejumlah selebritas ke Gedung DPR RI pada Pileg 2024. Berbasis rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, tercatat ada 10 pesohor yang lolos dari 11 dapil Jabar. Ada yang berstatus petahana dan ada pula yang baru pertama kali ikut pileg. 

Para pendatang baru yang berjaya, semisal Melly Goeslaw (Gerindra), Denny Cagur (PDI-Perjuangan),  dan Verell Bramasta (Partai Amanat Nasional/PAN). Adapun petahana yang berhasil mempertahankan kursi di DPR, semisal Dede Yusuf (Demokrat), Nico Siahaan (PDI-P), dan Tommy Kurniawan (PAN). 

Untuk kursi DPD RI, ada dua pesohor yang lolos dari dapil Jabar, yakni pelawak Alfiansyah Bustomi alias Komeng dan pesinetron Jihan Fahira. Tak tanggung-tanggung, Komeng mencatat sejarah sebagai caleg DPD dengan raihan suara tertinggi, yakni 5,3 juta suara. Sebagai perbandingan, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya bisa mengantongi 2,8 juta suara di Jabar pada Pilpres 2024. 

Guru besar ilmu politik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Cecep Dermawan merinci sejumlah faktor yang membuat dapil-dapil Jabar jadi langganan lumbung suara bagi para pesohor. Yang pertama ialah kedekatan geografis Jabar dengan pusat pemerintahan dan mudahnya akses informasi di provinsi tersebut. 

Faktor kedua ialah keberpihakan parpol terhadap caleg pesohor di dapil Jabar. Menurut Cecep, banyak parpol menempatkan kaum selebritas pada nomor urut pertama di Pileg 2024. Parpol seolah paham caleg-caleg pesohor di Jabar potensial menang.