Mengadu nasib ke kubu Jokowi dikawal pahlawan super

Para superhero itu merupakan anggota komunitas #BersihkanIndonesia. 

Sejumlah pahlawan super dari komunitas #BersihkanIndonesia mengawal warga yang terdampak pembangunan PLTU mengadu ke Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/2). Foto Alinea.id/Robi Ardianto

Sejumlah superhero 'menyerbu' Media Center tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/1) siang. Tak hanya pahlawan lokal seperti, pahlawan super global juga turut mengepung Media Center yang dikenal dengan nama Posko Cemara itu.

Dari ranah lokal terlihat ada tokoh jagat perwayangan semisal Gatotkaca dan Srikandi. Sedangkan tokoh rekaan asing yang hadir ialah Naruto, Superman dan Aquaman. Para superhero itu merupakan anggota komunitas #BersihkanIndonesia. 

Selain menuntut realisasi moratorium batubara yang pernah dijanjikan Jokowi, pahlawan super itu datang untuk mendampingi warga yang terdampak pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mengadu ke kubu Jokowi-Ma'ruf. 

Salah satu warga yang dikawal para superhero itu adalah Nurjanah. Perempuan asal Bengkulu berusia 57 tahun itu mengaku lahan kebun sawitnya digusur sewenang-wenang demi pembangunan PLTU batu bara dua tahun lalu.

Sembari terisak, Nurjanah mengatakan, duit pengganti yang diberikan pihak PLTU pun tak sepadan dengan yang dijanjikan. "Pembangunan PLTU di Bengkulu, Sumatera itu mengorbankan pohon sawit milik kami yang dibabat habis tanpa kompromi," cetus dia lirih.