Rakornas PDI-P lahirkan 12 rekomendasi 

Salah satu hasil rakornas memastikan mesin partai dan seluruh kader bergerak memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri (kedua kiri) bersama Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani (kedua kanan), Seskab Pramono Anung (kanan) hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (11/1). Foto Antara

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menghasilkan 12 rekomendasi. Hasil Rakornas itu tersebut dibacakan langsung Ketua DPP PDI-P nonaktif Puan Maharani didampingi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di hadapan ribuan kader di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (11/1).

Pertama, PDI Perjuangan akan terus berjuang untuk mengarahkan, mengawal, mengamankan dan memastikan kebijakan-kebijakan politik yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat agar tetap mengandung satu muatan, satu arah, serta satu haluan ideologi Pancasila. 

"Sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945 sesuai dengan jiwa dan semangat lahirnya tanggal 1 Juni 1945, berpijak pada UUD NRI Tahun 1945 dan haluan politik Trisakti," ujar Puan. 

Kedua, PDI-P mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk Badan Riset dan Inovasi Nasional yang berfungsi mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya membumikan Pancasila. 

"Yang berlandaskan riset ilmu pengetahuan dan inovasi sebagai cetak biru (blueprint) pola pembangunan nasional semesta, berencana dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai negara maju," imbuh Puan.