Rekapitulasi KPU: Jokowi-Amin menang 14 provinsi vs Prabowo-Sandi 4 provinsi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merampungkan rapat pleno rekapitulasi suara dari 18 provinsi di seluruh Indonesia.

Rekapitulasi KPU, Jokowi-Amin menang 14 dan Prabowo-Sandi 4 provinsi. / Facebook

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah merampungkan rapat pleno rekapitulasi suara dari 18 provinsi di seluruh Indonesia.

Dari rekapitulasi tersebut, tercatat pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menang di 14 provinsi. Yaitu, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Kalimantan Barat, DIY, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, NTT dan Jawa Timur.

Sebaliknya, paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tercatat menang di empat wilayah provinsi. Keempat provinsi tersebut adalah Bengkulu, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, dan Jambi.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan rapat pleno akan kembali dilanjutkan pada Rabu (15/5) besok. Menurut Arief, provinsi yang sudah siap melaporkan hasil rekapitulasinya yakni, Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tenggara.

"Jawa Barat belum konfirmasi, jadi besok akan ada 7 provinsi. Kita pastikan siapa yang sesi pagi supaya KPU provinsinya siap," jelas Arief di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (14/5) malam.