Saran Walhi untuk Prabowo yang ingin pisahkan kementerian

Sebelum memisahkan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Prabowo mesti menjelaskan alasan konseptual dan urgensinya.

Calon Presiden dari nomor urut 02, Prabowo Subianto ketika menghadiri peringatan bencana tsunami. Antara Foto

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau Walhi menyarankan kepada calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto yang hendak memisahkan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup jika terpilih sebagai Presiden RI periode 2019-2024.

Manajer Kampanye Walhi, Wahyu Perdana, sebelum memisahkan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Prabowo mesti menjelaskan alasan konseptual dan urgensinya terkait pemisahan kementerian tersebut. 

“Dalam debat, Pak Prabowo mau memisahkan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, tapi tidak dijelaskan alasan konseptual dan urgensinya apa. Kalau Walhi sendiri masih mau melihat assesment kementeriannya dulu," kata Wahyu kepada Alinea.id di Jakarta pada Selasa (19/2).

Menurut Wahyu, kalau alasan Prabowo hanya agar Kementerian Kehutanan bisa diawasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup, hal tersebut sebetulnya sudah dilakukan oleh badan pengawas internal kementerian. 

“Lagi pula pemisahan kedua kementerian itu dulu sudah dilakukan atas riset dengan biaya yang cukup mahal," ujarnya.