Tokoh agama diminta jangan jadi pengacau jelang Pemilu 2019

Para tokoh lintas agama diharap dapat membantu menjadi pihak yang mendinginkan suasana politik pada Pemilu 2019.

WakaPolda Metro Jaya, Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat, dan para tokoh lintas agama, dalam acara 'Forum Silaturahmi Kamtibmas Polda Metro Jaya Bersama Tokoh Lintas Agama Menjelang Pemilu 2019' di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/1). Alinea.id/Achmad Al Fiqri

Para tokoh lintas agama diminta jangan menjadi pengacau menjelang pemilihan umum atau Pemilu 2019. Sebaliknya, tokoh agama justru harus menjadi pihak yang mendinginkan suasana di tengah panasnya suhu politik menjelang pemilihan.

"Peran tokoh agama bukan menjadi pengacau dalam pemilu mendatang. Fungsi tokoh agama dapat menjadi pengingat masyarakat untuk saling menjaga keberagaman,” kata Ketua Umum Forum Kemitraan Religi Kamtibmas, Robi Nurhadi, saat ditemui di Jakarta pada Selasa (12/2).

Robi menjelaskan, forum yang digelar Polda Metro Jaya dalam menghadapi Pemilu 2019 merupakan ajang silaturahmi antar tokoh lintas agama, yang dapat diartikan satu sama lain mempunyai hubungan kasih sayang.

"Karena itu, kalau hari ini kita bersama-sama menegaskan diri dalam forum silaturahmi Kamtibmas, kita sudah mempunyai hubungan yang kokoh, mestinya tidak ada lagi kebencian diantara kita," ujar Robi.

Ia mengimbau, para peserta yang hadir dapat menjaga toleransi bagi masyarakat Jakarta. Sebab, kota metropolitan ini merupakan rumah untuk seluruh warga Indonesia.