PKB sebut banyak anak muda golput bila proporsional tertutup dipakai lagi

Sistem proporsional tertutup bertentangan dengan semangat anak muda yang semakin melek dan antusias terhadap politik. 

Siswa SMA menunjukkan jarinya usai menggunakan hak pilih saat pemilihan OSIS dalam KPU Goes To School di SMAN 7, Tegal Gundil, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/11/2018). Antara Foto.

Juru bicara PKB Mikhael Benyamin Sinaga menyebut, keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait uji materiil Undang-undang Kepemiluan sangat krusial. Menurutnya, apabila MK mengubah sistem proporsional terbuka menjadi tertutup, maka banyak anak muda akan golput.

Pangkalnya, sistem proporsional tertutup bertentangan dengan semangat anak muda yang semakin melek dan antusias terhadap politik. 

*Keputusan MK kali ini sangat krusial, kalau ini dikabulkan besok apa lagi? Pemilihan presiden lewat DPR? Semua anak muda sepakat, kembali ke sistem tertutup ini kemunduran. Apa MK nanti mau tanggung jawab kalau pada golput semua?" ujar Mikhael kepada wartawan, Selasa (10/1). 

Mikhael mengatakan, dua pemilu terakhir partisipasi pemilih muda terus meningkat. Anak muda juga mulai banyak yang terjun ke politik, baik sebagai simpatisan maupun bergabung dengan partai politik. 

"Saya minta elite jangan khianati semangat itu hanya karena takut jabatannya hilang," kata dia.