Bahas parpol, Demokrat setuju dengan pandangan Megawati

Benny K harman sebut kondisi parpol saat ini masih jauh dari ideal.

Sejumlah bendera partai politik nasional di Kota Banda Aceh/Antara Foto

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny K Harman menyampaikan, penyelenggaraan negara ke depan sangat ditentukan oleh kualitas partai politik (parpol). Menurut Benny, kondisi parpol saat ini masih jauh dari ideal pembentukannya.

"Pertama, parpol belum tumbuh menjadi kekuatan rakyat. Sejak reformasi, parpol muncul (pembentukan parpol) kaget-kagetan. Keinginan untuk membentuk parpol lebih pada keinginan sekelompok orang, bukan kehendak rakyat," kata Benny dalam diskusi virtual peringatan 20 tahun lembaga Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Senin (30/8).

"Kedua, dalam pengelolaan parpol juga bermasalah. Suksesi kepemimpinan di parpol bermasalah. Rekrutmen juga bermasalah. Demokrasi di internal juga belum berjalan," imbuh Benny.

Padahal, kata Benny, keberadaan partai politik pascareformasi memiliki peran sentral dalam sistem demokrasi. Terutama dalam rekrutmen pemimpin politik yang akan melaksanakan kekuasaan eksekutif dan legislasi (DPR/DPRD).

"Jadi boleh dibilang tidak ada jalan lain untuk menjadi anggota DPR/DPRD kecuali oleh parpol. Parpol juga satu-satunya pintu untuk bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden," ujar Benny.