Demokrat tunggu hasil pilkada sebelum putuskan sikap

Kalau diibaratkan dengan sepak bola, Partai Demokrat masih bermain tanpa bola, masih melakukan "gocek" tanpa bola.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan (kiri) berbincang dengan sejumlah anggota DPP KNPI yang melakukan roadshow ke markas Partai Demokrat di Jalan Proklamasi, Jakarta/AntaraFoto

Partai Demokrat baru memutuskan sikap membentuk poros koalisi baru atau bergabung dengan koalisi partai-partai pengusung Joko Widodo sebagai calon presiden, setelah pelaksanaan Pilkada 2018.

"Saat ini Partai Demokrat masih membuka komunikasi dengan semua partai politik, termasuk dengan PDI Perjuangan," kata Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan seperti dilansir Antara, Jumat (6/4) di Jakarta.

Kalau diibaratkan dengan sepak bola, Partai Demokrat masih bermain tanpa bola, masih melakukan "gocek" tanpa bola. Maksudnya, Demokrat masih terus membuka komunikasi dengan partai-partai lainnya untuk saling menjajaki kemungkinan koalisi.

Peta partai-partai politik saat ini, lima partai menyatakan mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden dan sudah deklarasi. Calon lainnya belum melakukan deklarasi.

Partai Demokrat telah melakukan komunikasi intensif dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk membentuk kemungkinan poros koalisi ketiga.