Dibacakan Ganjar Pranowo, ini 7 rekomendasi hasil Rakernas PDIP

Penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024 hak prerogatif Megawati.

Megawati Soekartoputri saat Rakernas PDIP. Foto Antara/dokumentasi

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan, penetapan bakal calon dan wakil presiden (capres-cawapres) yang diusung di Pilpres 2024 merupakan hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang ditunjuk langsung Megawati untuk membacakan hasil rekomendasi Rakernas PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (23/6).

Rakernas PDIP resmi ditutup pada Kamis (23/6) sore dan menghasilkan sejumlah rekomendasi. Mulai dari rekomendasi terkait ideologi Pancasila, sistem politik, dan Pemilu 2024.

"Rakernas II partai menegaskan bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024, berdasarkan keputusan Kongres V Partai, AD/ART partai, dan tradisi demokrasi partai adalah hak prerogatif Ketua Umum Partai, Prof. DR. (H.C.) Megawati Soekarnoputri," kata Ganjar saat membacakan rekomendasi Rakernas PDIP. 

Adapun ketujuh rekomendasi Rakernas PDIP ialah sebagai berikut: