DPD RI saat ini: Tak bertaji, tak diminati

Peminat DPD RI terus menurun. KPU mencatat hanya 771 orang yang mendaftarkan diri jadi bacalon anggota DPD RI untuk Pemilu 2024.

Ilustrasi anggota DPD RI. Alinea.id/Firgie Saputra

Sylviana Murni mantap dengan pilihannya untuk kembali maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Berbasis hitung-hitungan politiknya, Sylviana yakin bakal kembali terpilih jadi senator di Pemilu 2024. 

"Saya yakin maju karena DPD itu memang ruang untuk utusan daerah duduk di parlemen mewakili suara daerah. Kalau kita bisa bermitra dengan DPR dengan baik, saya rasa kita tetap bisa mengawal anggaran dan legislasi sesuai aspirasi daerah yang kita wakili," kata Sylviana kepada Alinea.id, Jumat (24/3).

Pada 2019, Sylviana terpilih jadi anggota DPD RI dari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta. Sebelum jadi anggota DPD, Sylviana pernah menjabat sebagai Walikota Jakarta Utara. Pada 2017, ia sempat maju sebagai pendamping Agus Harimurti Yudhoyono di Pilgub DKI. 

Empat tahun jadi anggota DPD, Sylviana merasa lembaganya cukup efektif sebagai penyalur aspirasi warga di daerah. Ia mengaku masih memerlukan DPD sebagai gelanggang politik. Menurut dia, banyak dinas-dinas di DKI yang kesulitan berhubungan dengan pemerintah pusat terkait pembangunan daerah.

"Sebagai contoh, kalau ditanya dinas-dinas yang ada di Pemprov DKI, dia punya kesulitan dengan kementerian. Mungkin kalau enggak sampai bisa diselesaikan, saya bisa mediasi," ucap Sylviana.