Ganjar dinilai unggul di bidang pangan dan lingkungan

Visi-misi bacapres Ganjar Pranowo terkait pemenuhan pangan dan persoalan lingkungan dianggap berkualitas.

Bacapres Ganjar Pranowo berfoto bersama purnawirawan TNI/Polri. /Foto Instagram @ganjar_pranowo

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi menilai sejumlah gagasan yang ditawarkan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo unggul jika dibandingkan dengan dua bacapres lainnya. Menurut Ade, gagasan Ganjar setidaknya jauh lebih berkualitas di bidang pangan dan lingkungan. 

"Pertama soal pangan dan kedaulatan pangan. Saya kira Ganjar ini  cukup berhasil. Kedua, soal lingkungan. Ini menjadi perubahan poin yang menjadi kemudahan  Ganjar untuk dieksplorasi lebih jauh," ucap Ade saat dihubungi di Jakarta, belum lama ini. 

Sejak beberapa pekan terakhir, Ganjar telah mulai menyosialisasikan visi-misinya jika ia terpilih sebagai presiden. Termutakhir, Ganjar beradu gagasan dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di acara Mata Najwa yang digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Dalam acara itu, Ade menilai Ganjar tampil meyakinkan saat menawarkan gagasan untuk menjaga stabilitas harga pangan di masa depan. Itu tak terlepas dari kinerja Ganjar yang cukup berhasil membangun kedaulatan pangan di Jawa Tengah saat jadi gubernur. 

Namun demikian, Ganjar belum mengelaborasi lebih jauh rencana-rencana konkret untuk membangun infrastruktur penopang produksi pangan. "Agenda kemandirian pangan pemerintah Jokowi itu lemah dalam infrastruktur penopang produksi pangan," imbuh Ade.