Golkar ungkap jurus Airlangga menangkan agenda politik daerah

Kemenangan Khofifah dan Emil disebut sebagai bukti keberhasilan campur tangan Airlangga sebagai Ketua Umum DPP Golkar.

Airlangga Hartarto didampingi Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Timur, Sahat Tua Simanjuntak ketika di kantor DPD Golkar Jatim, Sabtu (27/7). Alinea.id/Adi Suprayitno

DPD Golkar Jawa Timur membocorkan jurus jitu yang dilakukan Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto dalam memenangkan agenda politik di daerah.

Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Timur, Sahat Tua Simanjuntak menyatakan salah satu rahasia untuk memenangkan dua agenda besar politik adalah kekompakan, gotong royong dan kerja sama semua pengurus pusat dengan daerah. Padahal saat itu Golkar tengah menghadapi turbulensi politik yang mengancam soliditas partai pada 2017.

"Problem partai sempat bertubi-tubi hingga membuat survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Golkar menurun drastis," ujar Sahat di Surabaya, Sabtu (27/7).

Sahat mengatakan Airlangga sudah berhasil memenangkan dua agenda di daerah. Pertama, pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018 dan 2019 yang sukses mengantarkan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak menjadi pemimpin provinsi. Kedua, peningkatan kursi Fraksi Partai Golkar di DPRD Jawa Timur periode 2019-2024.

Keberhasilan dalam menerjang dua agenda politik  diakui seluruh kader Golkar di Jawa Timur karena kerja keras semua struktural di bawah Airlangga, mulai dari tingkat pusat hingga tingkat pengurus Kecamatan (PK).