Hasto ungkap kriteria capres pilihan Megawati

Hasto menyebut, Megawati mencermati setiap kadernya perihal sosok yang nantinya diusung sebaga capres-cawapres di 2024.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto Antara

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan sosok potensial calon presiden (capres) yang akan diusung partainya pada Pilpres 2024. Menurut Hasto, capres PDIP harus memiliki prinsip ideologi Pancasila.

"Kalau bagi PDIP, ini Pak Djarot Syaiful Hidayat bidang ideologi dan kaderisasi, aspek ideologi sangat penting, mutlak, tidak bisa ditawar-tawar," ujar Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6).

Selain itu, lanjut Hasto, capres yang akan diusung PDIP harus teguh dalam berprinsip. Pasalnya, kata Hasto, memimpin negara bukan hal yang mudah, membutuhkan keberanian dalam mengambil sikap dalam setiap permasalahan.

"Pemimpin itu harus kokoh dalam prinsip, misalnya pak Jokowi menyampaikan subsidi BBM kita saja itu Rp567 triliun, bagaimana kita menghadapi tekanan itu? Seorang pemimpin yang tidak berani mengambil sikap, tentu melihat hal itu sebagai beban," jelas Hasto.

Hasto menegaskan keputusan untuk mengusung capres sepenuhnya menjadi kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai pemimpin tertinggi di partai berlambang banteng itu.