Ini dia menteri yang berpotensi didepak Jokowi dari kabinet

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju jilid II kian berembus kencang.

Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada perayaan Hari Sumpah Pemuda secara virtual, Rabu (28/10)/Foto tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto diprediksi terancam didepak dari Kabinet Indonesia Maju jilid II, bila Presiden Joko Widodo benar akan melakukan reshuffle pada Rabu Pon, 23 Desember 2020.

Prediksi pergantian kursi Menkes itu ditenggarai lantaran kinerja Terawan kurang baik dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

"Jika dilihat dari kinerjanya, bisa saja yang akan direshuffle itu Terawan. Banyak yang kecewa atas kepemimpinannya di Kemenkes," ujar pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin, saat dihubungi, Senin (21/12).

Hanya saja, sambung Ujang, posisi Terawan akan aman dari reshuffle kabinet karena dari sisi politis cukup kuat. Namun, bila Jokowi mempertimbangkan aspek kinerja posisi Terawan bakal terancam.

"Jika pertimbangannya politis, bisa saja dia masih aman. Selain dokter. Dia juga jenderal. Seorang jenderal tentu punya kekuatan politik," tegas dia.